5besar Hewan dengan Mata Luar biasa!

Hewan dengan Mata Luar biasa
Tahukah anda tentang mata Sharingan milik Sasuke? nih ada juga lo hewan dengan kemampuan mata hebat semacam sasuke... mau tau? baca sendiri ya...

5. Four Eyed Fish (Ikan Bermata Empat)
ikan unik

Ditemukan di Meksiko dan Amerika Tengah, Utara, serta Amerika Selatan ini, adalah ikan kecil berukuran sampai 32 cm dan biasanya ditemukan di air tawar atau payau (meskipun mereka juga telah terlihat di pantai laut). Makanannya adalah serangga, sehingga mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka berenang di permukaan air. Meskipun nama mereka ikan bermata empat, namun sebenarnya mereka hanya memiliki dua mata. Namun, mata ini terdiri dari jaringan-jaringan rumit dan masing-masing setengah dari mata memiliki fungsi sendiri.Adaptasi aneh ini memungkinkan ikan bermata empat mampu melihat dengan sempurna ( pada saat yang sama) baik di atas dan bawah permukaan air, kewaspadaan yang sempurna untuk mencari mangsa dan menghindari musuh mereka.
Bagian atas bola mata disesuaikan dengan penglihatan di udara, sementara bagian bawah disesuaikan dengan penglihatan bawah air. Meskipun kedua bagian mata menggunakan lensa yang sama, ketebalan dan kurva lensa di bagian mata atas dan bawah berbeda, sehingga mampu menangkap sistem cahaya yang berbeda di udara dan air. Ini berarti, ketika ikan bermata empat ini ada didalam air, maka fungsi mata atas tidak berfungsi deengan baik. Karena itu, ikan ini menghabiskan hampir seluruh kehidupan di permukaan, dan hanya menyelam sepenuhnya dibawah air sesekali untuk mencegah bagian mata atas dari dehidrasi.

4. Stalked eye fly (Lalat Bermata Batang)

lalat aneh

Makhluk kecil namun sangat luar biasa.Ditemukan di  sebagian besar hutan Asia Tenggara dan Afrika, dan juga di Eropa dan Amerika Utara. Mereka mendapatkan nama mereka dari proyektor panjang dari sisi kepala dengan mata dan antena diujungnya. Lalat jantan biasanya memiliki tangkai yang lebih panjang dari betina dan si betina lebih memilih pejantan dengan batang mata yang lebih panjang.Selama musim kawin, lalat jantan sering berhadapan satu sama lain untk membandingkan dan mengukur panjang batang mata mereka; pemilik batang mata terpanjang akan menjadi pemenangnya.
lalat jantan juga mampu memompa mata mereka sedemikian rupa, sehingga mata mereka menjadi lebih besar agar mempunyai peluang lebih besar ubtuk menarik perhatian lawan jenisnya.
Selain hal itu mata ini juga memiliki kemampuan penglihatan 10 kali lebih baik dari kemampuan mata normal manusia.

3. Spookfish
ikan unik

Spookfish hidup di perairan laut dalam, ikan yang tampak seperti hantu ini memiliki beberapa struktur mata yang aneh bagi para peneliti; pada masing-masing bagian mata memiliki pembengkakan lateral yang disebut divertikulum, dipisahkan dari mata utama oleh sebuah septum. Sementara bagian utama dari mata memiliki lensa dan fungsi  yang mirip dengan mata hewan lainnya, divertikulum memiliki cermin melengkung yang terdiri dari banyak lapisan yang berbentuk kristal guanin. cermin ini lebih unggul dalam mengumpulkan cahaya daripada mata normal; divertikulum mencerminkan cahaya dan memfokuskan cahaya tersebut ke retina yang memungkinkan hewan ini untuk melihat kedua ke arah bawah pada saat yang bersamaan.
Spookfish adalah satu-satunya hewan vertebrata yang menggunakan struktur mata cermin dan juga lensa normal untuk melihat,. Spookfish ditemukan di seluruh dunia tetapi jarang terlihat, karena mereka menghabiskan sebagian besar hidup mereka pada kedalaman 1000-2000 meter. Mereka memakan krustasea kecil dan plankton, dan memiliki ukuran sekitar 18 cm.

2. Ogre faced Spider
laba laba aneh

Laba-laba dikenal memiliki banyak mata. Namun Ogre faced Spider terlihat seolah-olah hanya memiliki 2 mata padahal sebenarnya mereka juga mempunyai 6 mata yang telah termodifikasi secara unik. Ini merupakan adaptasi untuk gaya hidup aktif di malam hari; laba-laba ini memiliki penglihatan malam yang luar biasa tidak hanya karena mata besar mereka, tetapi karena lapisan membran sel sensitif mereka yang sangat mudah rusak sehingga mereka memproduksi membran sel ini setiap hari secara alami.
Membran ini sangat sensitif pada kenyataannya, bahwa itu hancur saat fajar dan yang baru diproduksi setiap 
Meskipun mereka tidak memiliki tapetum lucidum, yaitu membran reflektif yang membantu hewan malam lainnya seperti kucing, burung hantu dan lainnya untuk melihat dalam kondisi cahaya rendah. namun, para ilmuwan percaya bahwa laba-laba ini memiliki penglihatan pada malam hari lebih baik dari kucing, hiu, atau bahkan burung hantu (yang dapat melihat hingga 100 kali lebih baik daripada manusia di malam hari!).


1. Mantis Shrimp
udang aneh

Dan akhirnya, kita sampai pada hewan dengan mata paling aneh dan paling menakjubkan di dunia. Udang mantis sebenarnya bukan udang, tapi merupakan Crustacea dari urutan Stomatopoda. Dikenal dengan agresivitas dan persenjataan tangguh (mereka memiliki capit yang sangat tajam dan kuat dan dapat membagi sebuah jari manusia menjadi dua atau bahkan mematahkan akuarium kaca dengan satu serangan tunggal), udang mantis adalah predator rakus yang kebanyakan ditemukan di perairan tropis.
Mata mereka majemuk, seperti capung, meskipun mereka memiliki jumlah komponen yang jauh lebih kecil dari ommatidia (sekitar 10.000 per mata), namun, dalam udang mantis setiap baris ommatidia memiliki fungsi tertentu. Sebagai contoh, beberapa dari mereka yang digunakan untuk mendeteksi cahaya, yang lain untuk mendeteksi warna, dll
Udang mantis bisa melihat warna jauh lebih baik dari manusia (mata mereka memiliki 12 jenis reseptor warna, sedangkan manusia hanya memiliki tiga), serta ultraviolet, sinar inframerah visi dan terpolarisasi, sehingga memiliki penglihatan yang paling kompleks dari setiap hewan yang dikenal manusia. Mata terletak di ujung batang, dan dapat dipindahkan secara independen satu sama lain, berputar hingga 70 derajat. Menariknya, informasi visual diproses oleh mata sendiri, bukan otak.
Bahkan lebih aneh lagi, masing-masing mata udang mantis ini dibagi dalam tiga bagian yang memungkinkan makhluk ini untuk melihat objek dengan tiga bagian berbeda dari mata yang sama. Dengan kata lain, mata masing-masing memiliki "visi trinocular" dan persepsi kedalaman lengkap, yang berarti bahwa jika udang mantis kehilangan mata, mata yang tersisa masih akan bisa menilai kedalaman dan jarak lebih akurat dari manusia dengan dua mata normal


4 comments:

  1. bagus banget mas otonk,,pandai nulis ya,,,ijin copas,,wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo..,, sertakan sumber lebih sip,hehe

      Hapus

Cari Blog Ini

Translate