5 Besar Game Classic Terbaik Dunia

5. Excitebike
game jadul excitebike
Cover Game Excitebike
Dengan teknologi yang sederhana dan visualisasi yang terbatas di 8 bit, developer lebih berfokus untuk menghadirkan pengalaman bermain yang menyenangkan. Lebih menakjubkannya lagi, misi ini sering kali berhasil dilakukan. Salah satu contoh yang paling nyata adalah Excite Bike.Tidak ada kejelasan siapa nama karakter yang berada di balik helm ini. Kita hanya harus memastikan pria ambisius ini untuk menjadi yang terdepan dalam setiap tantangan track yang dihadirkan. Dengan menggunakan motor balapnya yang tampak tidak kompetitif, pria ini melaju melewati semua tanjakan, lompatan, dan turunan yang tampak tidak masuk akal. Sesuatu yang menyenangkan untuk kita, namun mungkin berujung buruk untuknya.

Jika di game balap di masanya lebih berfokus untuk bersaing dan menempati perangkat pertama, Excite Bike tampil dengan konsep yang berbeda. Waktu adalah musuh yang harus Anda hadapi. Tombolnya juga sangat sederhana. Tombol arah untuk menggerakkan posisi motor dan bergerak, tombol A untuk akselerasi biasa, dan tombol A untuk akselerasi ekstra dengan ekstra panas di mesin. Jika bar suhu mesin mencapai maksimal, sang pembalap harus beristirahat beberapa detik sebelum dapat melanjutkan balapan kembali.
excitebike
Salah satu balapan dalam Excite Bike

Excite Bike boleh dibilang menjadi salah satu game balap terbaik di masanya. Variasi track yang dihadirkan berhasil dipadukan dengan ekstra mode seperti design dan kompetitif untuk memperkaya pengalaman bermain. Untuk lebih nostalgia lagi, berikut cuplikan video dari game ini :


cuplikan video game Excitebike

4. Pac-Man

pac-man
Pac-Man adalah sebuah permainan video arkade yang dikembangkan Namco dan diterbitkan Midway; dirilis di Jepang pada 22 Mei 1980. Awalnya dirilis di arcade saja, Pac-Man yang masih populer hingga kini telah dirilis pula dalam platform lainnya seperti Game Boy dan SNES. Perancang permainan ini adalah Toru Iwatani, yang merupakan karyawan Namco.

Pemain harus mengontrol tokoh berwarna kuning bernama Pac-Man dan membawanya mengelilingi lorong berlika-liku sambil "memakan" titik-titik kecil dan benda-benda khusus lainnya. Pada saat yang sama, terdapat empat "hantu" yang berkeliling di lorong tersebut yang bertugas menangkap Pac-Man. Sang pemain dapat menyelesaikan satu level (tingkat) jika berhasil memakan seluruh titik dan benda khusus. Secara teori, permainan dapat terus berlanjut tanpa batasan tingkat, namun tingkat ke-256 memiliki bug yang menyebabkan gambar di layar tidak beraturan dan karena itu Pac-Man tidak dapat terus dimainkan melewati tingkat tersebut.
pac man
Screenshoot Pac man

Pac-Man kini dianggap sebagai salah satu permainan video klasik serta merupakan salah satu ikon tahun 1980-an. Salah satu alasan kesuksesannya adalah bentuk permainannya yang dapat digemari baik pria maupun wanita dibandingkan dengan permainan arcade lainnya sebelum Pac-Man seperti Space Invaders dan Defender yang merupakan permainan tembak-tembakan. berikut video Pacman :


video cuplikan game pacman

4. Street Fighter II



street fighter ii
Street Fighter II adalah sub-seri dari permainan waralaba keluaran Capcom yang berjudul Street Fighter yang pertama kali diluncurkan dalam bentuk permainan arcade dengan genre pertarungan. Seri permainan ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1991 dengan judul Street fighter II dan juga merupakan sequel dari permainan Street Fighter (1987).

Pada Street Fighter II, konsep-konsep yang telah dikembangkan pada permainan pendahulunya kembali ditingkatkan, termasuk di antaranya perintah untuk gerakan khusus dan penggunaan 6 fungsi tombol. Selain itu, pada permainan ini diperkenalkan juga sistem pemilihan dari beberapa karakter dengan gaya pertarungan dan jurus khusus yang berbeda-beda pada setiap karakternya.
street fighter ii screenshoot

Street Fighter II dianggap sebagai tonggak dimulainya demam permainan genre pertarungan pada tahun 1990-an. Kesuksesan permainan ini memicu dibuatnya beberapa versi 'update', yang masing-masingnya menawarkan fitur dan karakter yang berbeda dari versi sebelumnya, termasuk juga untuk versi konsol. Beberapa dari versi konsolis bahkan mampu menembus angka penjualan jutaan kopi. Bahkan untuk versi SNES, yang juga versi pertama untuk konsol, dinobatkan pada tahun 2008 sebagai permainan pilihan konsumen terlaris sepanjang masa. berikut cuplikan video game ini :


cuplikan video game street fighter II

2. Super Mario

super-mario bros
Super Mario Bros, dikenal juga sebagai Mario, Super Mario atau SMB adalah suatu permainan platform yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo pada akhir 1985 untuk konsol Nintendo Entertainment System. Permainan ini membawa pengaruh yang besar pada perkembangan dunia hiburan rumahandan merupakan salah satu permainan terlaris dengan penjualan lebih dari 40 juta salinan hingga saat ini. Dengan latar permainan yang cerah dan alur cerita yang berkembang, Super Mario Bros.

berhasil mengubah wajah industri permainan video. Meskipun sering disalah persepsikan sebagai permainan platform bergulir (scrolling) pertama (yang pada kenyataannya paling tidak ada setengah lusin permainan serupa yang telah muncul sebelumnya),

super mario bros


Super Mario Bros bisa dianggap sebagai pelopor jenis permainan tersebut unruk media permainan konsol. Dengan menyuguhkan tingkat yang berbeda pada setiap babak serta perkembangan karakter yang unik, permainan ini menjadi salah satu standar dalam permainan video rumahan. cuplikan video super mario bros :

Video cuplikan game super mario bros



1. Tetris


first tetris
Tetris (bahasa Rusia: Тетрис) adalah teka-teki yang didesain dan diprogram oleh Alexey Pajitnov pada bulan Juni 1985, pada saat ia bekerja di Pusat Komputer Dorodnicyn di Akademi Sains Uni Soviet di Moskow. Namanya berasal dari awalan numerik Yunani tetra yang bermakna bangun dengan empat bagian.

Permainan ini (atau variasi lainnya) terdapat pada hampir setiap konsol permainan video dan komputer pribadi, begitu juga pada peralatan lainnya seperti kalkulator, ponsel, pemutar media portabel, PDA dan bahkan sebagai rahasia pada produk non-media seperti osiloskop.
first tetris game

Walaupun Tetris muncul kebanyakan pada komputer rumahan, permainan ini lebih sukses pada versi Gameboy yang dirilis pada 1989 yang membuatnya sebagai permainan paling populer sepanjang masa. Pada berita Electronic Gaming Monthly ke-100, Tetris berada pada urutan pertama pada "Permainan Terbaik Sepanjang Masa". Pada tahun 2007, Tetris berada di urutan kedua pada "100 Permainan Terbaik Sepanjang Masa" menurut IGN. video cuplikan gam tetris :

cuplikan game video tetris


0 comments:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Translate