5 Besar Buah Peningkat Sistem Imun Tubuh

Indonesia merupakan negara tropis dengan kondisi cuaca dan linkungan yang dapat memungkinkan berbagai penyakit berkembang dengan mudah. Apalagi akhir-akhir ini cuaca di negara kita sedang tidak menentu, musim hujan terasa panas, musim panas turun hujan.

Konsisi tersebut dapat membuat tubuh kita rentan tertular penyakit dari yang ringan hingga yang berat. Flu, batuk, TBC, Demam Berdarah, dll. Mengingat kondisi seorang teman yang sedang berbaring di Rumah Sakit karena mengidap Infeksi paru-paru alias TBC dikarenakan beliau susah makan dan kurang tidur, sehingga kondisi sistem imun tubuhnya lemah dan mudah terserang penyakit seperti TBC.

Kita ketahui bersama TBC merupakan penyakit yang sangat mudah sekali menular karena ditularkan melalui perantara udara (batuk). Seorang peneliti asal ITB Akhlis Nursetiadi, S.Si mengatakan kepada eksplore bahwa sesungguhnya 60% penduduk Indonesia terdapat bakteri TBC di paru-parunya, namun ada yang kondisi badannya fit dan sistem imunnya kuat sehingga bakteri TBC tersebut tidak dapat berkembang, namun jika kondisi badan lemah? Pada saat itulah bakteri TBC menyerang.

Nah untuk itu eksplore memberikan tips agar kekebalan tubuh kita atau sistem imun tubuh kita tetap prima dengan cara mengkonsumsi buah-buahan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita ditengah kondisi cuaca yang tidak menentu. Buah-buahan peningkat sistem imun tersebut antara lain :

5. Alpukat (Avocado)
Buah Peningkat Sistem Imun Tubuh
Buah Alpukat atau bahasa linggisnya Avocado banyak ditemui dipasar Indonesia. Kaya akan vitamin A, fosfor, kalsium, dan zat besi Alpokat dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga mengurangi gejala serangan jantung. Manfaat lain dari Alpokat adalah mampu menangkal radikal bebas yang menurunkan imunitas tubuh.
Saya biasanya membeli jus alpukat setelah makan siang, selain rasanya nikmat alpukat dapat meminum jus alpukat merupakan salah satu cara paling praktis mengkonsumsi buah alpukat ini.
4. Apel (Apple)

Buah Peningkat Sistem Imun Tubuh
Buah Apel. Buah ini kaya akan serat serta dapat digunakan sebagai makanan antioksidan yang mampu melawan kolesterol jahat LDL yang menyumbat pembuluh darah. Selain itu, Apel juga digunakan sebagai detoksifikasi terhadap racun serta melancarkan peredaran zat gizi kedalam tubuh

3. Jambu (Guava)

Buah Peningkat Sistem Imun Tubuh
Buah Jambu biji atau jambu klutuk merupakan buah-buahan khas Indonesia. Tiap tahun buah Jambu biji selalu berkembang. Selain dikenal sebagai obat penyembuh diare jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C tertinggi dibanding dengan buah lainnya. Kandungan gizi yang setara jambu biji terdapat dalam buah Kiwi. Oleh karena vitamin C Jambu biji berdosis tinggi, maka buah ini dipercaya memiliki keampuhan antioksidan yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

2. Melon (Melon)

Buah Peningkat Sistem Imun Tubuh
Buah Melon.Kaya akan vitamin A, B2, B1, dan C serta mengandung betakarotena. Selain itu, kandungan mineral kalium dan magnesium dan air dalam kadar tinggi baik untuk membersihkan sistem sirkulasi darah dari berbagai jenis racun. Melon yang kaya Vitamin A dan C juga dapat digunakan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Pepaya (Papaya)

Buah Peningkat Sistem Imun Tubuh
Buah Pepaya atau Kates banyak mengandung vitamin A, karetenoid dan antioksidan. Pepaya juga mengandung Papain, sejenis enzim yang dapat membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh sehingga tubuh semakin fit dan memiliki imunitas yang baik.

(berbagai sumber)

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Translate