5 Besar Gitaris Paling Nyentrik di Dunia


5.  Ace frehley
Gitaris Paling Nyentrik di Dunia kiss

Gitaris yang menjuluki dirinya sendiri dengan sebutan ”silver spaceman” ini salah satu member KISS yang paling disukai fans nya, mungkin inilah yang membuat founder KISS Gene Simmons dan Paul Stanley gerah sampai mengeluarkan Ace di tengah perjalanan karir KISS, udah bukan rahasia lagi kalo gene dan paul menganggap KISS cuma milik mereka berdua, sedangkan member yang lain hanyalah sekedar pemain bayaran aja. Permainan gitar ace bisa dibilang biasa aja untuk ukuran sekarang, tapi tentu kita ga bisa menilainya seperti itu, di jamannya, ace adalah gitaris yang paling menghibur, dengan kostumnya yang nyektrik, aksi panggung nya yang yang atraktif seperti kepulan bom asap yang keluar waktu dia solo maupun kembang api yang menyembur lewat kincir kecil yang dipasang di headstock gitarnya, bener-bener bikin orang melongo.

4. Trent Reznor
Gitaris Paling Nyentrik di Dunia

Dikenal sebagai Godfather of industrial music, sebenarnya dia bukan gitaris murni melainkan seorang multi instrumentalis yang bahkan lebih cenderung ke keyboard dan synthesizer, dia memainkan instrumen musik tersebut sesuka sendiri, menyetem gitarnya dengan tuning yang tidak lazim, membongkar perangkat synthesizer tanpa mengindahkan buku manual serta habis-habisan memanipulasi sound yang didapat dengan komputer. Filosofi nya dalam bermusik tidak menekankan pada bagaimana cara memainkan alat musik tetapi lebih kepada suara apa yang akan dihasilkan, bahkan dalam beberapa interview terdahulu dia mengaku tidak tahu cara memainkan gitar dan keyboard dengan benar. 

Trent Reznor memang seorang yang revolusioner bukan hanya dalam bermusik tetapi juga dalam industri musik itu sendiri, dia pernah bersitegang dengan pihak labelnya Interscope dan Universal Music karena menganggap dalam masa suram industri rekaman ini, pihak label malah semakin memberatkan fans. Dalam konsernya di Australia dia bahkan menyerukan fansnya untuk tidak membeli CDnya sendiri, dia berkata “teal and steal and steal some more and give it to all your friends and keep on stealin”. Akhirnya Trent Reznor memutuskan kontrak dengan Interscope dan menjual semua materinya sendiri melalui digital sales di official website nya ( trent adalah musisi pertama yang melakukannya!! ) tentunya dengan menjual sendiri maka keuntungan yang didapat menjadi lebih besar karena uang penjualan masuk bersih ke kantongnya sendiri, dan sebagai tanda terima kasih buat fansnya, album selanjutnya yang bertajuk The Slip diberikan secara gratis!!! Bisa didownload sesuka hati di official web NIN, rilisannya yang lain kemudian bisa didownload secara gratis tetapi cuma versi low qualitynya sedangkan versi high quality bisa didapatkan hanya seharga 5 dollar. 

Dan hal yang paling menghebohkan adalah waktu Trent Reznor menyediakan live footage sebesar 400 gigabyte untuk free download!!! Dia ingin para fans nya mengedit serta memproduksi sendiri video live NIN sesuai imajinasi mereka masing-masing, peristiwa inilah yang kemudian membuat dia bergelar “ World's Scariest Digital Nerd ”

3. Hasil Adkins
Gitaris Paling Nyentrik di Dunia

Banyak orang yang mengatakan bahwa dia adalah salah satu one-man band paling liar yang pernah ada, dia memainkan sendiri semua instrumen musik termasuk vokal dalam rilisannya, vokalnya susah masuk kategori bagus, kebanyakan jerit-jerit asal, lirik lagu-lagunya juga bisa dibilang nonsense, isinya bisa bercerita tentang kisah patah hati, hot dogs, alien, dll. Meskipun mengusung tema yang cukup idiot tapi Hasil Adkins cukup percaya diri untuk rajin mengirimkan materi terbarunya ke White House, tanpa diminta.... sampai sekarang belom ada konfirmasi apakah pernah ada Presiden Amerika yang terkesan dengan lagu-lagu Hasil Adkins. Sifat-sifat “nyleneh” ini mungkin juga diakibatkan oleh diet menunya yang cuma terdiri dari daging, nikotin dan puluhan gelas kopi.

2. Euronymous
Gitaris Paling Nyentrik di Dunia

Salah satu legenda dari kalangan black metal, terutama karena karir musik dan kisah hidupnya yang kontroversial, euronymous adalah gitaris dan pendiri Mayhem, band black metal pioneer di Norwegia. Dia menghabiskan sebagian besar waktu nya dengan membuat ramuan- aneh di laboratoriumnya atau melakukan ritual penyembahan setan di ruang bawah tanah “HELL” ( Helvete dalam bahasa norwegia ) yaitu record store miliknya di Oslo. 
Sewaktu lead vokal Mayhem yang bernama Dead tewas bunuh diri, euronymous diberitakan memakan sebagian otak dead yang berceceran pecah karena tembakan senapan, kemudian memfoto mayat dead untuk kemudian dijadikan cover album atau bootleg mayhem selanjutnya, pecahan tulang tengkorak dead ini juga digunakan euronymous sebagai kalung beberapa orang dari band-band black metal di lingkungan mayhem seperti Marduk dan Abruptum juga dipercaya mempunyai kalung dari tengkorak dead ini.
bunuh diri dead mayhem
Cover Album dengan foto mayat Dead
Akhir kisah dari euronymous ini juga ga kalah kontroversial, dia dibunuh oleh pemain bassnya sendiri Varg Vikernes karena masalah kontrak, euronymous ditemukan tewas diluar record storenya dengan 23 luka sayatan, 2 di kepala, 5 di leher dan 17 di badan, di persidangan vikernes mengaku membunuh karena euronymous berencana menyiksanya sampai mati sambil merekamnya dengan video tape, vikernes kemudian mendapatkan hukuman 21 tahun penjara dan terkenal dengan tawanya waktu vonis itu dijatuhkan.


1.Buckethead
Gitaris Paling Nyentrik di Dunia

Gitaris yang satu ini ga pernah muncul di publik tanpa memakai topeng putih dan ember ayam goreng KFC di kepalanya, menurut legenda, ember KFC itu membantunya mengontrol arwah ayam-ayam mati yang mana tanpa arwah-arwah itu kemampuan gitarnya bisa hilang, dia juga mengaku sewaktu kecil dibesarkan oleh ayam dan sekarang sedang memperingatkan warga dunia tentang peristiwa chicken holocaust gara-gara semakin menjamurnya restoran fast food di seluruh dunia yang dipimpin oleh kolonel Sanders ( yang bikin KFC ). Judul rilisannya juga lucu-lucu kaya’ enter the chicken, chicken noddles, secret recipe, dll. Buckethead ini merupakan salah satu murid dari Paul Gilbert gitarisnya Mr. Big, kemampuannya diakui oleh banyak pihak dengan bukti beberapa penghargaan pribadi yang dia dapet. Antara lain disebutkan di nomer 8 dalam list “ 20 greatest guitar shredders of all time” versi majalah Guitar One serta masuk dalam list “ 50 fastest guitarist of all time “ versi majalah Guitar World. Bakatnya ini menarik banyak musisi besar seperti ozzy osbourne, axl rose, red hot chili pappers, namun sayang semuanya batal memakai jasa dia ataupun cuma pake bentar karena mereka bermasalah dengan kepribadian buckethead, susah diajak komunikasi, sering menghilang tanpa alasan yang jelas. Ozzy pernah bilang “don’t get me wrong, even though I have rejected him, I admit that he’s a great player, he plays like a motherfucker” variasi permainannya beragam dari heavy metal, electro-jazz, avant-garde, hip hop sampai cuma sekedar mainin lagu cinta ga mutu pake ukulele alias kentrung yang di genjreng asal-asalan.

(berbagai sumber)

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Translate