Tutorial Fungsi Menu pada Blog Blogger.com


Setelah anda membuat sebuah blog, maka ada baiknya anda mengenali fungsi menu-menu yang ada dalam blogger.com. Berikut Fungsi menu pada blog blogger.com.

1. Ikhtisar/Overview
adalah data statistik yang berkaitan dengan blog Anda. Seperti jumlah pengunjung, jumlah posting dan komentar, dst.

2. Post/Posts
Dengan mengklik menu Post, maka akan muncul daftar artikel yang sudah ditulis dan diterbitkan atau masih dalam konsep (draft).

3. Laman/Pages
adalah halaman statis seperti halnya di Wordpress. Anda dapat menggunakan ini untuk membuat About Me atau daftar link, dst.

4. Komentar
di sini Anda dapat mengedit komentar pengunjung. Anda dapat menghapus atau menyetujui komentar yang terkena moderasi (apabila komentar dimoderasi).

5. Statistik
adalah data lebih rinci tentang perkembangan trafik pengunjung blog. Dalam statistik ini untuk info lebih detail, Anda dapat mengklik menu Ikhtisar, Post, Sumber Lalu Lintas (traffic), dan Pemirsa.

6. Tata Letak/Layout
pada dasbor sebelumnya namanya Design/Desain, sekarang berganti menjadi Tata Letak/Layout. Di sini Anda dapat menambah widget dan merubah posisi widget ke atas-bawah atau ke kiri-kanan sesuai selera. 

7. Template
di sini ada dua submenu. Yaitu, 
(a) Ubahsuaian/Customize dan (b) Edit HTML.
Kalau Anda memakai template bawaan dari Blogger, maka Anda dapat menggunakan menu Ubahsuaian/Cusomize ini untuk merubah tata letak, tinggi dan lebar dan warna template secara langsung. Sedang menu Edit HTML adalah untuk menambah kode HTML langsung ke halaman HTML blogger.

8. Setelan/Settings
adalah tempat untuk mengatur setelan blog seperti berapa artikel yang ditampilkan di halaman muka (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dst.

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Translate