Sejarah Lengkap Komputer (Bag I)

Sejarah Lengkap Komputer


Anda semua pasti tau dengan barang yang satu ini. Komputer!, yup barang satu ini kini menjadi barang wajib bagi manusia modern. Banyak sekali bentuk komputer modern disekitar kita ada laptop, notebook, ipad, dsb. Tapi tahukah anda bahwa komputer yang pertama berbentuk manusia? penasaran? simak aja postingan Sejarah Lengkap Komputer Bagian I ini.

gambar sejarah komputer
Gambar komputer manusia
Komputer pertama adalah manusia! Artinya, komputer elektronik (dan komputer mekanis sebelumnya) diberi nama ini karena mereka melakukan pekerjaan yang sebelumnya ditugaskan untuk manusia. "Komputer" pada mulanya merupakan jabatan: itu digunakan untuk menggambarkan orang manusia (terutama perempuan) yang tugasnya adalah untuk melakukan perhitungan berulang-ulang untuk menghitung hal-hal seperti tabel navigasi, grafik pasang surut, dan posisi planet untuk almanak astronomi. Bayangkan Anda memiliki pekerjaan di mana jam demi jam, hari demi hari, Anda tidak melakukan apa pun kecuali menghitung perkalian. Kebosanan akan segera mengarah ke kecerobohan, yang menyebabkan kesalahan. Dan bahkan pada hari-hari terbaik Anda Anda tidak akan menghasilkan jawaban yang sangat cepat. Oleh karena itu, penemu telah mencari selama ratusan tahun cara untuk mekanisasi (yaitu, menemukan mekanisme yang dapat melakukan) tugas ini.
gambar sejarah komputer

Sedangkan pada jaman dulu, alat yang digunakan untuk mempermudah tugas penghitungan para komputer ini adalah sempoa (abacus). Ada persepsi salah mengenai sempoa ini, yakni anggapan bahwa penemu dan pengguna sempoa adalah orang cina. Hal ini dibuktikan dari sempoa tertua didunia yang digunakan oleh bangsa babilonia pada tahun 300 SM. Sempoa masih digunakan sampai saat ini. terutama oleh orang cina. 
gambar sempoa kuno

gambar sempoa atau abacus

Leonardo da Vinci (1452-1519) membuat sebuah design gambaran mengenai mesin kalkulasi yang pertama namun tidak diaktualisasikan sebagai sebuah alat yang benar-benar nyata.
Da vinci


desain computer

Tahun 1617 seorang pria eksentrik (beberapa mengatakan gila) Skotlandia bernama John Napier menemukan logaritma, yang merupakan teknologi yang memungkinkan perkalian yang akan dilakukan melalui penambahan. Logaritma merupakan dasar pembuatan program pada komputer modern. Dalam penemuannya, Napier memahat nilai logaritma pada batang gading yang sekarang disebut Tulang Napier (Napier Bones).
John Napier

logaritma


logaritma

Mesin kalkulasi pertama dibuat adalah jam penghitung, dinamakan oleh penemunya, profesor Jerman Wilhelm Schickard pada tahun 1623. Perangkat ini kurang mendapat publikasi karena Schickard meninggal akibat wabah penyakit pes dinegaranya.
gambar shickard

sejarah komputer


Pada tahun 1632 dengan menggunakan konsep tabel logaritma Napier, dibuatlah sebuah Slide Rule yang   masih digunakan pada 1960-an oleh para insinyur NASA dalam program Mercury, Gemini, dan Apollo yang mendaratkan manusia di bulan.
gambar slide rule


Pada tahun 1642 Blaise Pascal, pada usia 19 tahun, menemukan Pascaline sebagai bantuan untuk ayahnya yang adalah seorang pemungut cukai. Pascaline menggunakan konsep gerigi satu putaran, artinya mesin ini hanya bisa menambahkan bukan mengurangi, mengalikan ataupun membagi angka. Mesin ini dibuat sekitar 50 unit oleh pascal, namun tidak semuanya berhasil djual karena harga yang selangit dan akurasi ketepatan perhitungan yang mesih diragukan banyak pihak. Sampai zaman sekarang ketika dashboard mobil menggunakan sistem digital, bagian odometer dari speedometer mobil masih menggunakan mekanisme yang sama seperti Pascaline untuk kenaikan roda berikutnya. 
pascal

gambar dibawah ini adalah perkembangan mesin kalkulasi pascaline buatan Blaise Pascale.
sejarah komputerkomputer pertama dalam sejarah

pascaline


Sekian posting tentang Sejarah Lengkap Komputer (Bagian I). Baca juga lanjutannya Sejarah Lengkap Komputer (Bag II). Semoga Bermanfaat...!!

(Berbagai Sumber)

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Translate