Sejarah Lengkap Komputer (Bag IV)

Postingan kali ini merupakan lanjutan dari Sejarah Lengkap Komputer (Bagian III), Yaitu Sejarah Lengkap Komputer (Bagian IV). Selamat Membaca..!!

Penemuan mikroprosesor membuat perkembangan PC semakin pesat. Sebuah mikroprosesor (uP) adalah sebuah komputer yang dibuat kedalam sirkuit terintegrasi (IC). Komputer telah ada selama 20 tahun sebelum mikroprosesor pertama dikembangkan di Intel pada tahun 1971. Kalimat mikro pada nama Mikroprosesor melambangkan ukuran fisiknya. Intel bukan penemu komputer elektronik. Tapi mereka adalah yang pertama yang berhasil memasukkan keseluruhan komputer pada satu chip (IC). Intel dimulai pada 1968 dan awalnya hanya diproduksi memori semikonduktor (Intel menemukan baik DRAM dan EPROM, dua teknologi memori yang masih kuat hari ini). 

Pada tahun 1969 mereka didekati oleh Busicom, produsen kalkulator Jepang performa tinggi (mesin tik yang berukuran mini pada saat itu, kalkulator-shirt scientific ukuran saku pertama dibuat oleh Hewlett-Packard HP35 diperkenalkan tahun 1972). Busicom ingin Intel untuk memproduksi 12 chip kalkulator: satu chip yang didedikasikan untuk keyboard, chip lain dikhususkan untuk tampilan, lainnya untuk printer, dll Tapi sirkuit terpadu adalah (dan) mahal untuk desain dan pendekatan ini akan diperlukan untuk Busicom menanggung biaya penuh dalam pengembangan 12 chip baru karena 12 chip hanya akan berguna bagi mereka.
kalkulator-shirt scientific ukuran saku pertama

Tapi pegawai Intel yang baru (Ted Hoff) meyakinkan Busicom untuk bukan menerima chip komputer keperluan umum, yang seperti semua komputer, dapat diprogram ulang untuk tugas-tugas yang berbeda (seperti mengendalikan keyboard, layar, printer, dll). Intel berpendapat bahwa karena chip bisa diprogram untuk tujuan alternatif, biaya pengembangan itu bisa tersebar di lebih banyak pengguna dan karenanya akan lebih murah untuk tiap user. Komputer keperluan umum diadaptasikan dengan tiap kegunaan baru dengan menuliskan sebuah program yang merupakan urutan instruksi disimpan dalam memori (yang kebetulan forte Intel). Busicom setuju membayar Intel untuk mendesain chip keperluan umum dan untuk mendapatkan potongan harga karena akan mengijinkan Intel menjual chip yang dihasilkan orang lain. Tapi pengembangan dari chip tersebut membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan dan Busicom pun mengundurkan diri dari proyek. Intel meramalkan bahwa teknologi ini akan menjadi sangat berguna dikemudian hari dan memutuskan untuk tetap melanjutkan penelitian ini sendiri agar dapat meraih hak tunggal dari perangkat tersebut.

Hasil dari penelitian Ini kemudian dikenal sebagai Intel 4004, mikroprosesor pertama (uP). Intel 4004 terdiri dari 2300 transistor dengan putaran 108 kHz  (yaitu, 108.000 kali per detik). Sedangkan Busicom Bangkrut tanpa ikut menikmati kesuksesan perangkat prosesor Intel 4004 yang menghebohkan ini.
4004

Intel melanjutkan 4004 dengan 8008 dan 8080. Intel menjual uP 8080 seharga $ 360 sebagai ejekan atas mainframe IBM 360 yang terkenal berharga jutaan dolar. Intel 8080 digunakan di MITS Altair komputer, yang merupakan komputer pribadi pertama di dunia (PC). karena personal: pengguna harus membangun sendiri dari bagian-bagian kit yang tiba melalui pos. Perangkat ini bahkan tidak menyertakan gambar ilustrasi dan itulah yang membuat kesulitan para pengguna PC.
8008

bill gatesSeorang mahasiswa baru dari Harvard yang bernama Bill Gates memutuskan untuk keluar dari kuliahnya sehingga dia bisa memusatkan seluruh waktu program tulisannya untuk komputer ini. Ini awal yang  menempatkan Bill Gates di tempat yang tepat pada waktu yang tepat saat IBM memutuskan untuk menstandarisasi mikroprosesor Intel untuk produk PC mereka pada tahun 1981.

Bill Gates lah yang membuat sinkronisasi pemrogaman dalam komputer dengan Sistem Windows yang terkenal hingga saat ini. Windows inilah yang membuat Bill Gates menjadi salah satu manusia terkaya di dunia hingga saat ini.



Perkembangan PC terjadi sangat pesat di Amerika dan Dunia. Pada awal 1990-an, bagi Mahasiswa Amerika, PC merupakan  barang yang wajib ada di kamar mereka. Hingga saat ini berbagi perkembangan terbaru mengenai PC selalu terjadi.
PC 90

Ternyata proses penemuan komputer sangat panjang ya? bahkan berasal dari sebuah mesin tenun! ckckckck. Memang benar apa kata pepatah "Jangan pernah meremehkan hal-hal kecil, karena hal-hal kecil ini merupakan bagian dari sesuatu yang besar".
Sekian posting  tentang Sejarah Lengkap Komputer (Bagian IV) Semoga Bermanfaat...!! 


(Berbagai Sumber)

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Translate