5 Besar Hewan Paling Cerdas di Dunia

Pernah lihat film "Rise of The Planet of the Apes"?, Itu loh... film yang menceritakan tentang kecerdasan seekor simpanse bernama caesar yang berusaha untuk melakukan pembalasan terhadap bangsa manusia karena penindasan yang dilakukan terhadap bangsanya. Lalu pertanyaanya, Apakah benar ada hewan yang secerdas itu? Jawabannya Ada!. Tapi yang jelas cerita pemberontakan simpanse itu hanya ada di film. Jika anda penasaran tentang hewan cerdas yang ada di dunia ini, tengok aja list 5 Besar Hewan Paling Cerdas di Dunia dibawah. Semoga saja mereka kagak berontak kaya si Cesar ya?!! bisa bener-bener Apes kalo hal itu sampai terjadi di kehidupan nyata. hehe
5. Gajah (Elephant)
hewan paling cerdas


Gajah memiliki berbagai macam indera yang tajam, terutama pendengaran dan memorinya. Otak gajah merupakan otak terbesar dari semua makhluk darat yang hidup saat ini.

Kemampuan memori gajah dapat dibuktikan dari bagaimana mereka mengingat rute dan jarak tempuh perjalanan mereka, mengingat anggota satu koloni, dan kemampuan mereka membedakan panggilan untuk masing-masing gajah lainnya. Gajah bahkan dapat memanggil gajah lainnya dalam jarak berkilo-kilo meter dengan suara teriakan, suara terompet, atau dengan panggilan melalui tanah. 

Gajah pun memiliki psikologi yang hampir mirip dengan manusia, mereka dapat tertawa, menangis, dan marah. Tidak heran gajah banyak dijadikan lambang kebijaksanaan oleh beberapa budaya tua di dunia. Di Sekolah Gajah di Lampung, gajah dilatih untuk dapat mengenali berbagai bentuk, melakukan atraksi, dan bahkan melukis gajah lainnya!

4. Kakatua Abu-abu Afrika (African Grey Parrot)
hewan paling cerdas di dunia




Jika kakatua yang biasa kita tau hanya dapat menirukan perkataan manusia, kakatua yang satu ini bahkan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan. Tentunya hal itu perlu latihan terlebih dahulu.

Para ilmuwan yang meneliti mereka mengatakan bahwa kakatua jenis ini adalah kakatua terpintar di dunia, atau mungkin tidak berlebihan apabila disebut burung paling cerdas di dunia. 

Kakatua ini dapat mengenali puluhan pertanyaan yang berisi kata-kata dari yang sederhana hingga yang hampir rumit, mengenali belasan jenis warna, macam-macam bentuk, dan nilai-nilai numerik yang disajikan. Para ilmuwan yakin burung ini dapat dikembangkan untuk penelitian yang lebih mengagumkan lagi.


3. Lumba-Lumba Hidung Botol (Bottlenose Dolphin)
hewan paling cerdas di dunia


Keluarga mamalia laut memang terkenal memiliki kecerdasan yang luar biasa. Mereka mudah dijinakkan dan dilatih oleh manusia. Di antara banyak mamalia laut yang cerdas tersebut, lumba-lumba hidung botol adalah yang paling cerdas.

Otak lumba-lumba jenis ini lebih besar daripada otak lumba-lumba lainnya. Selain itu mereka memiliki koteks serebral 40% lebih besar daripada manusia. Korteks serebral adalah wilayah otak yang berfungsi untuk komunikasi sosial, informasi pengolahan abstrak, pemecahan masalah, dan kecerdasan dalam menerima hal-hal yang baru. 

Lumba-lumba menggunakan sonar bunyi yang disebut echolocation untuk mendeteksi mangsa, peringatan bahaya, serta mencari koloninya. Kemampuan inilah yang digunakan oleh Angkatan Laut Amerika (US Navy) dalam berbagai misi penelitian maupun pembersihan ranjau laut. 

Lumba-lumba ini juga dikenal sebagai binatang yang suka menolong binatang lain, bahkan manusia. Sebuah berita dari internet menyebutkan bahwa ada seekor lumba-lumba yang menyelamatkan seekor paus kecil di kepulauan Selandia Baru.


2. Gurita (Octopus)
hewan paling cerdas




Semua jenis cumi atau makhluk bertentakel diketahui memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah, tetapi gurita bisa lebih!. Makhluk yang hidup di laut dalam ini memiliki otak yang cukup besar dengan sensor syaraf yang memungkinkan bagi mereka untuk berpikir secara cepat.

Dari berbagai percobaan yang diberikan ilmuwan, misalnya menaruh kepiting di dalam toples, gurita dapat membuka dan menangkapnya. Terkadang bahkan mereka dapat ditemukan di dalam lambung kapal sedang menangkap kepiting. 

Gurita terbesar yang pernah ditemukan seberat 273 kilogram dan dengan rentang tubuh mencapai 30 meter! Wow..!!Jadi inget film2 monster nih...


1. Simpanse (Chimpanzee)


Binatang ini sangat populer di Hollywood sebagai “Binatang Film” paling laris selain anjing. Simpanse adalah binatang primata tercerdas di dunia, dan para ilmuwan juga mengakui bahwa mereka adalah binatang paling cerdas di dunia saat ini.

Primata ini berasal dari hutan tropis di Afrika. Mereka hidup berkelompok, bersosialisasi dengan sesama, bahkan berorganisasi. Mereka adalah makhluk yang menunjukkan aktivitas menyerupai manusia purba. Mereka dapat membuat tombak untuk berburu kelinci dalam lubang, memetik buah dengan galah, memecahkan kacang dengan batu, bahkan memancing ikan dengan cabang pohon! 

Seorang profesor dari Primate Research Institute of Kyoto University bernama Tetsuro Matsuzawa, mendedikasikan hidupnya untuk meneliti simpanse ini. Beliau mengatakan bahwa simpanse bahkan dapat mengalahkan para sarjana matematika Jepang pada saat tes memori angka 1-9. Tentunya tes memori yang dimaksud dibuat serumit mungkin dan dengan kecepatan tinggi.


Tapi hanya dengan melihat foto diatas saja kita sudah bisa membayang kan betapa cerdasnya si Simpanse ini...kwokowkwokwo!!

Oke kalo gitu... sekian posting tentang 5 Besar Hewan Paling Cerdas di Dunia kali ini..... Semoga bermanfaat...!!


(berbagai sumber)

1 comments:

Cari Blog Ini

Translate