5 Besar Artis Paling Laris Sepanjang Masa

Layaknya dunia perniagaan, sulit dipungkiri bahwa sukses seorang musisi dalam dunia musik dapat diindikasi dari tinggi rendahnya daya jual sang musisi dalam masyarakat sebagai targetnya, walaupun ada juga musisi yang tidak semata-mata menitik beratkan pada sisi penjualan musiknya. Jika kita menitikberatkan pada daya jual atau larisnya sang musisi itu sendiri maka list 5 Besar Musisi Paling Laris Sepanjang Masa dibawah ini dapat kita baca untuk menambah sedikit pengetahuan kita dalam dunia musik. Para musisi ini antara lain :

5. Abba (+350 juta keping album)
5 Besar Musisi Paling Laris Sepanjang Masa

ABBA terbentuk tahun 1972, nama itu sendiri terinspirasi dari inisial keempat personilnya, Agnetha Fältskog, Björn Ulvaeus, Benny Andersson serta Anni-Frid Lyngstad. Mereka melahirkan 8 album, bermain dalam film musikal MAMAMIA! yang mencapai sukses luar biasa dan berhasil mendapatkan sederet pengakuan lain. Usia band ini hanya 10 tahun, tetapi dalam 1 dekade itu, ABBA telah mengubah level Swedia di mata musik dunia.

ABBA merupakan band pertama yang tidak berbicara dalam bahasa Inggris, tetapi menikmati kesenangan merajai berbagai chart di Inggris, Irlandia, Amerika, Kanada, Australia, Afrika Selatan sampai Filipina. Bisa dibayangkan kedahsyatan mereka? Mereka masuk ke Rock and Roll Hall of Fame pada 2010 dan termasuk dalam salah satu artis dengan penjualan tertinggi sepanjang masa.

4. Frank Sinatra (+400 juta keping album)
5 Besar Musisi Paling Laris Sepanjang Masa


Francis Albert Sinatra terkenal dengan nama populernya Frank Sinatra, adalah seorang penyanyi, aktor, sutradara dan juga penulis. 

Sinatra mengawali bermusik di massa Harry James dan Tommy Dorsey. Dirinya baru menjadi musisi solo terkenal pada 1940-an dan menjadi profesional pada 1950, dengan ditandai rekam ulang sejumlah lagunya pada 1953. Mement tersebut datang sesaat setelah dirinya meraih Academy Award untuk aktor pembantu terbaik 1953, lewat film FROM HERE TO ETERNITY.

Album-albumnya sepanjang sejarah yang pernah dirilisnya di antaranya, In the Wee Small Hours, Songs For Swingin' Lovers, Come Fly With Me, Only the Lonely, Nice 'n' Easy, Ring-A-Ding-Ding, Sinatra at the Sands, Francis Albert Sinatra & Antonio Carlos Jobim. Sementara untuk film layar lebar, filmnya yang terkenal di antaranya, ANCHORS AWEIGH (1945, THE KISSING BANDIT (1948), ON THE TOWN (1949), SUDDENLY (1954), FINIAN'S RAINBOW (1955), THE MAN WITH THE GOLDEN ARM (1955), CAROUSEL (1956), THE JOKER IS WILD (1957), PAL JOEY (1957), A HOLE IN THE HEAD (1959), THE MANCHURIAN CANDIDATE (1962) dan COME BLOW YOUR HORN (1963). 

Pada usianya ke-65, Sinatra merilis album September of My Years, dan sukses dengan hit-nya, Strangers in the Night dan My Way. Dan sekaligus menjadi album terakhirnya hingga akhir hayatnya pada 14 Mei 1998.


3. The Beatles (+500 juta keping album)
5 Besar Musisi Paling Laris Sepanjang Masa


The Beatles adalah salah satu grup musik rock paling awal sekaligus paling berpengaruh di era modern. Beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr, kebanyakan lagu mereka ditulis oleh Lennon dan McCartney. Popularitas mereka sedemikian tingginya di Britania Raya sehingga di tahun 1963 pers menelurkan istilah “Beatlemania”. Mereka juga kemudian meraih sukses di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Dibentuk di Liverpool tahun 1959 dengan formasi awal John Lennon (Vokal, Gitar), Paul Mc Cartney (Vokal, Gitar), George Harrison (Vokal, Gitar), Stuart Sutcliffe (Bass) dan Pete Best (Drum). Namun tak lama kemudian Stuart Sutcliffe mengundurkan diri (hijrah ke Jerman dan menikahi Astrid Kircherr dan meninggal disana tahun 1962 akibat pendarahan di otak). Lalu pada tahun 1962 Pete Best hengkang dari The Beatles, dan posisinya digantikan oleh Richard Starkey alias Ringo Starr

Manager The Beatles, Brian Eipstein, pertama kali mengenal Beatles lewat banyaknya request pembeli piringan hitam di toko musiknya. Pertama kali Brian mencoba menawarkan Beatles kepada Decca Record, label besar perusahaan rekaman kala itu. Audisi bisa didapat, hanya saja manajemen Decca berpendapat bahwa kelompok musik gitar sudah lewat masa tenarnya. Kendati keempat pemuda menjadi patah arang, Brian akhirnya bisa mendapatkan audisi bagi mereka di satu label rekaman, Parlophone, yang sejatinya adalah perusahaan rekaman untuk siaran radio. George Martin, manajer Parlophone, setuju, dan dimulailah perekaman untuk album pertama The Beatles yang bertajuk “Please Please Me”. Lagu Please Please Me dan Love Me Do merupakan andalan untuk album tersebut.


2. Bing Crosby (+900 juta keping album)
5 Besar Musisi Paling Laris Sepanjang Masa

Harry Lillis "Bing" Crosby (lahir di Tacoma, Washington, Amerika Serikat, 2 Mei 1903 – meninggal 14 Oktober 1977 pada umur 74 tahun) merupakan seorang penyanyi dan aktor berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan Academy Award. Dia berkarier di dunia film dan musik sejak tahun 1926 hingga akhir hayatnya pada tahun 1977.

1. Elvis Presley (+1 milyar keping album)
5 Besar Musisi Paling Laris Sepanjang Masa


Elvis Aron Presley lahir 8 Januari 1935 di Tupelo, Mississippi adalah seorang penyanyi rock 'n' roll legendaris Amerika Serikat. Elvis juga dikenal dengan "The King" dan "The King of Rock 'n' Roll". Selain penyanyi, The King adalah seorang produser musik dan aktor. Berkat lagu-lagunya yang memadukan irama rock 'n' roll dengan lagu-lagu ballad, dunia rock 'n' roll memperoleh fondasi komersial yang selanjutnya dapat dikembangkan musisi rock 'n' roll penerusnya.

Pada masa kejayaannya, konser-konser Elvis dihadiri penggemarnya (kebanyakan remaja) dalam jumlah yang sangat besar. Gaya, sifat, serta cara berpakaiannya menjadi simbol bagi musik rock 'n' roll dan banyak ditiru penggemarnya. Bahkan 4000 remaja Inggris menahbiskan Elvis sebagai raja trendsetter tata rambut sepanjang zaman.

Awal perkenalan Elvis dengan dunia rekaman di mulai saat musim panas 1953. Elvis membayar US$3,98 untuk merekam dua buah lagu di perusahaan Sun Studios sebagai hadiah ulang tahun bagi ibunya. Pendiri Sun, Sam Phillips, tertarik pada suaranya dan memanggilnya pada Juni 1954 untuk mengisi posisi penyanyi ballad yang sedang kosong.

Tahun 1956 merupakan awal karir Elvis sebagai penyanyi profesional. Tanggal 27 Januari Elvis merilis single pertamanya Heartbreak Hotel, dibawah label RCA Victor Records. Tanggal 23 Maret, RCA merilis album pertama Elvis , bertajuk: ELVIS PRESLEY.


Sekian list tentang 5 Besar Musisi Paling Laris Sepanjang Masa semoga bermanfaat....


(berbagai sumber)

1 comments:


  1. Like the world of commerce, difficult to deny that the success of a musician in the world of music can be indicated from the high
    bandar togel singapore terbaik indonesia

    BalasHapus

Cari Blog Ini

Translate