5 Besar Adat Pemakaman Unik Dunia

Sebuah acara pemakaman, merupakan bentuk penghormatan terakhir pada orang yang telah meninggal. Adanya berbagai adat dan kebudayaan di dunia ini, menjadikan adat tradisi pemakaman sangat berbeda antara satu daera dengan daerah yang lain di Dunia.

List 5 Besar Adat Pemakaman Unik Dunia ini akan menjelaskan tentang adat pemakaman paling unik yang ada di dunia. Cekidot :

5. Sky Burial (Tibet)

5 Besar Adat Pemakaman Unik Dunia

Iklim keras Tibet dan tanah berbatu-batu membuat pemakaman di sana terasa mustahil. Jadi, warga Buddha di Tibet sering pergi untuk sebuah “pemakaman langit” di mana tubuh akan dicincang, dicampur dengan tepung dan diatur sedemikian rupa agar dimakan oleh burung-burung pemakan bangkai. Mereka percaya bahwa tubuh hanyalah sebuah kapal untuk jiwa dan harus kembali ke alam. 

4. Holding Funeral (Toraja, Indonesia)

5 Besar Adat Pemakaman Unik Dunia


Pemakaman di wilayah Tana Toraja Indonesia adalah sebuah ritual agung. Upacara pemakaman disertai dengan musik, tari-tarian dan pesta untuk sejumlah tamu. Kematian di sini adalah sebuah kesempatan mewah dengan harga yang mahal. Jadi, keluarga almarhum diberikan penangguhan, mereka tidak perlu menguburkan tubuh mayat dengan segera. 

Mereka hanya dapat membungkusnya dan menyimpannya di dalam rumah mereka, sementara mereka menabung untuk biaya pemakaman. Tabungan dapat waktu berminggu-minggu, bulan atau bahkan bertahun-tahun. Sementara waktu itu, mayat diperlakukan sebagai orang sakit dan dimasukkan dalam rutinitas sehari-hari. Sebuah pemakaman yang sebenarnya terjadi ketika keluarga melakukan upacara kematian, dan peti mati ditempatkan di kuburan berupa gua atau tergantung di tebing. 


3. Diamond Transformation (AS)

5 Besar Adat Pemakaman Unik Dunia

Orang-orang sekarang dapat “memakai” orang yang mereka cintai di jari-jari mereka. Sebuah perusahaan Amerika yaitu LifeGem menawarkan kesempatan bagi mereka yang mati dan dicintai menjadi sebuah berlian sintetik. Proses ini dimulai dengan menangkap karbon dari tubuh pada saat dikremasi dari almarhum. Karbon dari tubuh orang mati ini kemudian diubah menjadi grafit. selanjutnya menjalani sebuah proses dengan suhu dan tekanan yang sangat tinggi untuk mendapatkan kristal mengkilap seperti berlian. Harganya berkisar dari $ 3500 sampai $ 20,000 tergantung pada ukuran karat. 

2. Tree Burial (Suku Aborigin, Australia)

5 Besar Adat Pemakaman Unik Dunia

Dalam kebudayaan suku Aborigin Australia, untuk menghormati siklus kehidupan mereka melakukan upacara pemakaman dengan menaruh jasad dari orang yang sudah meninggal diatas pohon-pohon besar. Upacara ini disertai dengan tari-tarian untuk membuat arwah orang yang meninggal tenang. Setelah beberapa bulan bahkan tahun, tulang ini akan diwarnai dan digunakan untuk upacara sakral untuk menghormati arwah nenek moyang mereka.

1. Endocannibalisme (Amazon)

5 Besar Adat Pemakaman Unik Dunia


Mungkin inilah ritual kematian terburuk yang pernah ada. Endocannibalisme adalah praktik dimana orang memakan tubuh orang yang mati. Ide di balik kebiasaan mengerikan ini adalah kepercayaan bahwa dengan memakan tubuh si mati, maka sekaligus akan “menghisap” sifat-sifat almarhum untuk asimilasi roh. Beberapa suku di Amerika Selatan dan Australia dikatakan telah mempraktekkan ritual menyeramkan ini. 

Tapi banyak akademisi merasa endocannibalisme adalah tuduhan palsu yang dilemparkan oleh kolonial pada masa awal untuk mendapatkan alasan dominasi politik. Menurut antropolog Napoleon Changon, komunitas Yanomamo di Amerika Selatan masih memakan abu dan sisa tulang orang yang mati setelah dikremasi. 


Trimakasih sudah membaca 5 Besar Adat Pemakaman Unik Dunia  Wassalam..!! 


 (berbagai sumber)

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Translate