5 Besar Daerah kekuasaan Wanita di Dunia

Kali ini kita akan bahas tentang 5 Besar Daerah kekuasaan Wanita di Dunia. Sebagaimana kita tahu, Kebanyakan budaya di dunia menempatkan pria diatas wanita dari segi tanggung jawab kehidupan sehari-hari. Namun, ada beberapa daerah di dunia ini yang para wanitanya mempunyai peran yang lebih besar dari pria. beberapa daerah tersebut antara lain :

5. Daerah Pegunungan Himalaya

5 Besar Daerah kekuasaan Wanita di Dunia

Pada wilayah Himalaya, tepatnya India Utara, Nepal, Bhutan dan China. Dulu merupakan basis besar poliandri. Walaupun banyak pekerjaan yang masih didominasi pria, namun untuk urusan rumah tangga, wanita mempunyai kekuasaan yang lebih besar.Walaupun sekarang sudah jarang wanita di daerah ini yang mempunyai suami lebih dari satu, tapi jejak tradisi tersebut masih sangat terasa hingga kini

4. Minangkabau, Indonesia

5 Besar Daerah kekuasaan Wanita di Dunia

Dalam kebudayaan setempat, wanita memiliki peran yang lebih besar dari para pria. Nama marga yang digunakan orang minangkabau pun berasal dari marga ibunya dan bukan ayahnya. Selain faktor kebudayaan, adanya kebiasaan ketika pria mulai dewasa, kebanyakan dari mereka akan pergi merantau ke daerah lain untuk mengadu nasib dan tidak akan pulang sebelum berhasil. Hal ini tentu saja membuat kebanyakan wanita disini menangani peran dari lelaki yang pergi merantau hingga mereka pulang.

3. Etnik Mosou, China

5 Besar Daerah kekuasaan Wanita di Dunia

Di daerah ini, ada suatu kebudayaan unik yang disebut Shen-Kui yaitu Tradisi dimana ketika masa daya seksualitas seorang wanita Mosou meledak-ledak, maka maka dia akan mengundang seorang pria yang disukainya untuk datang kerumahnya dan....(ehmm). Dalam kebudayaan etnik Mosou ini tidak mengenal pernikahan. Sedangkan anak yang dihasilkan dari tradisi tersebut dibesarkan oleh si wanita (enak banget pria mosou ya....hehe)

2. Meghalaya, India

5 Besar Daerah kekuasaan Wanita di Dunia

Hampir sama dengan masyarakat Minangkabau di Indonesia, wanita disini mempunyai peran dan tanggung jawab yang lebih besar dari para prianya secara budaya dan adat istiadat. Bedanya, Wanita disini mempunyai kekuasaan absolut yang meliputi pemberian nama anak, pengambilan keputusan, dan dalam urusan keluarga. Wanita memutuskan segala sesuatunya.

1. Etnik Kalash, Pakistan

5 Besar Daerah kekuasaan Wanita di Dunia

Walaupun Pakistan mayoritas muslim yang menempatkan peran pria diatas wanita, namun didaerah Pakistan sebelah utara, hidup kelompok minoritas etnik Kalash yang menempatkan wanita diatas pria dalam segala hal. Disini, wanita bebas mencari pendamping hidup yang disukainya atau mendepak suaminya untuk menikahi pria lain yang lebih disukainya.


Trimakasih sudah membaca 5 Besar Daerah kekuasaan Wanita di Dunia Wassalam..!!


 (berbagai sumber)

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Translate