5 Besar Kota Paling Tua di Indonesia

5 Besar Kota Paling Tua di Indonesia

5. MEDAN 1 JULI 1590
5 Besar Kota Paling Tua di Indonesia

Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar di Pulau Sumatera. Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata Orangutan di Bukit Lawang, Danau Toba.

4. SEMARANG 2 MEI 1547
5 Besar Kota Paling Tua di Indonesia

Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Semarang merupakan kota yang dipimpin oleh wali kota Drs. H. Soemarmo HS, MSi dan wakil wali kota Hendrar Prihadi, SE, MM. Kota ini terletak sekitar 466 km sebelah timur Jakarta, atau 312 km sebelah barat Surabaya, atau 624 km sebalah barat daya Banjarmasin ( via udara ). Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat.

3. JAKARTA 22 JUNI 1527
5 Besar Kota Paling Tua di Indonesia

Daerah Khusus Ibukota Jakarta ( DKI Jakarta, Jakarta Raya ) adalah ibu kota negara Indonesia. Jakarta merupakan satu - satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan namaSunda Kelapa ( sebelum 1527 ), Jayakarta ( 1527 - 1619 ), Batavia / Batauia, atauJaccatra ( 1619 - 1942 ), dan Djakarta ( 1942 - 1972 ).

Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² ( lautan: 6.977,5 km² ), dengan penduduk berjumlah 9.607.787 jiwa ( 2010 ). Wilayah metropolitan Jakarta ( Jabotabek ) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Indonesia atau urutan keenam dunia.

2. MAGELANG 11 APRIL 907 M
5 Besar Kota Paling Tua di Indonesia

Kota Magelang adalah salah satu kota di provinsi Jawa Tengah. Kota ini terletak di tengah - tengah kabupaten Magelang. Karena memang dulunya Kota Magelang adalah ibukota dariKabupaten Magelang sebelum mendapat kebijakan untuk mengurus rumah tangga sendiri sebagai sebuah kota baru. Kota Magelang memiliki posisi yang strategis, karena berada di jalur utama Semarang - Yogyakarta.

Kota Magelang berada di 15 km sebelah Utara Kota Mungkid, 75 km sebelah selatan Semarang, dan 43 km sebelah utara Yogyakarta. Kota Magelang terdiri atas 3 kecamatan, yakniMagelang Utara, Magelang Selatan dan Magelang Tengah , yang dibagi lagi sejumlah kelurahan.

1. PALEMBANG 17 JUNI 683 M
5 Besar Kota Paling Tua di Indonesia

Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Sejarah Palembang yang pernah menjadi ibukota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke - 9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan "Bumi Sriwijaya".

Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang, yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 682 Masehi, menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Di dunia Barat, kota Palembang juga dijuluki Venice of the East ( "Venesia dari Timur" ).

5 Besar Kota Paling Tua di Indonesia

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Translate