5 Besar Restoran Tertua di Dunia

Restoran atau Rumah Makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan itu serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Walaupun umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga rumah makan yang menyediakan layanan take-out dining dan delivery service untuk melayani konsumennya

Lalu, dari sekian banyak restoran di dunia ini manakah yang tertua? Cek aja list 5 Besar Restoran Tertua di Dunia dibawah ini... oke?

5. A La Petite Chaise (1680) – Paris, Prancis

5 Besar Restoran Tertua di Dunia

Restoran ini mengambil namanya dari transformasi kata seorang Perancis lama “cheze” asal latin, casa artinya rumah terisolasi. Pembangunan pertama bangunan ini berdiri sejak tahun 1610 dan terletak di patch samall disebut “Louvre kecil” dekat Grenelle. Antara 1652 dan 1680 rumah ini diduga dibangun. Melalui salesof mencatat bangunan ini bahwa pada tahun 1680 Georges Rameau sudah menjual anggur di tempat ini. Dengan anggur, beberapa makanan yang disajikan dan telah menjadikannya salahsatu restoran tertua di sini.

4. Die Letzte Instanz (1621) – Berlin, Jerman

5 Besar Restoran Tertua di Dunia

Rumah ini terletak di jalan Orphans di pusat kabupaten. Konon, ini adalah restoran tertua di Berlin, berasal dari tahun 1525. Zur Letzten Instanz diduga telah sering dikunjungi oleh orang-orang dari Napoleon untuk Beethoven.

3. La Tour d’Argent (1500) – Paris, Prancis

5 Besar Restoran Tertua di Dunia

Situs restoran sendiri mengklaim bahwa didirikan pada tahun 1582 dan sering dikunjungi oleh Raja Perancis Henri IV. Penyebutan pertama restoran mungkin pada tahun 1860 panduan Baedeker untuk Paris, yang menyebutkan sebuah restoran yang terkait dengan “Hotel dari Tour d’Argent”. Restoran ini dimiliki dan dioperasikan oleh keluarga Terrail. AndrĂ© Terrail adalah pemilik dan sekaligus manajer kini.

2. Zum Franziskaner (1421) – Stockholm, Swedia

5 Besar Restoran Tertua di Dunia

Sudah sewajarnya bahwa dari tempat didirikannya oleh biarawan Jerman tahun 1421 (mengklaim sebagai restoran tertua di kota ini) harus menjajakan botol bir dan sosis hangat dari Jerman dan Austria. Bangunan yang saat ini ditempati berasal dari tahun 1906, interiornya sebuah combo atmosfer kios kayu, lemari hiasan dan karya seni langit-langit.

1. Stiftskeller St Peter (803) – Salzburg, Austria

5 Besar Restoran Tertua di Dunia

Stiftskeller St Peter adalah restoran dalam dinding-dinding biara di Archabbey St Petrus, Salzburg. Diklaim sebagai penginapan tertua di Eropa Tengah karena sebuah dokumen menyebutkan angka 803 AD. Stiftskeller St Peter dikenal sebagai restoran tertua dan penginapan yang terus beroperasihingga kini, dan tagline marketingnya berbunyi “Asli keramahan Salzburg selama lebih dari 1.200 tahun”. Tetapi tidak ada bukti sejarah untuk ini. Ini adalah restoran modern yang dibangun di situs biara tua.

Trimakasih sudah membaca 5 Besar Restoran Tertua di Dunia Wassalam..!!


 (berbagai sumber)

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Translate