5 Besar Petinju Terbaik Sepanjang Masa

Siapa yang tak kenal Rocky Balboa? Sosok petinju terbaik dunia yang ada dalam film Rocky tersebut terkenal sangat mematikan dalam ring. Namun, itu semua hanya ada di film. Lalu siapa sajakah petinju terbaik yang ada dalam dunia nyata? Ada baiknya kita simak dulu list 5 Besar Petinju Terbaik Sepanjang Masa berikut ini :

5. Mike Tyson

5 Besar Petinju Terbaik Sepanjang Masa

Karier Mike Tyson berawal dari tinju amatir, sebelum terjun ke tinju profesional. “Iron Mike” ini bertanding secara profesional pertama kali pada tanggal 6 Maret 1985 di Albany, New York. Pada tanggal 22 November 1986 “The Baddest Man on the Planet” ini mendapat kesempatan pertama untuk meraih gelar, melawan Trevor Berbick untuk kelas berat versi WBC. Dua ronde kemudian, pada usia 20, Tyson menjadi juara dunia kelas berat termuda di dunia.

Pada tahun 1987, “Kid Dynamite” ini mempertahankan gelar melawan James ‘Bonecrusher’ Smith pada tanggal 7 Maret di Las Vegas, Nevada. Si Leher Beton ini menang angka dan menambahkan gelarnya WBA milik Smith menjadi koleksinya. Pada tanggal 1 Agustus ia merebut gelar IBF dari Tony Tucker dengan menang angka untuk menjadi “juara tinju dunia kelas berat sejati” sekaligus meraih gelar juara di tiga komisi tinju dunia, yaitu WBA, WBC dan IBF.

4. Joe Louis

5 Besar Petinju Terbaik Sepanjang Masa

Pada tahun 1990, Joe Louis dinobatkan sebagai salah satu petinju yang masuk ke dalam “Hall of Fame”. Sepanjang karirnya Louis meraih 66 kali kemenangan (52 KO) dan 3 kali kekalahan. Petinju yang berjulukan “The Brown Bomber” ini mencatat rekor yang mencengangkan, yaitu berhasil mempertahankan gelar sebanyak 25 kali.

3. Thomas “The Hitman” Hearns

5 Besar Petinju Terbaik Sepanjang Masa

Thomas Hearns adalah juara dunia di kelas Welter, Welter Super, Menengah, Menengah Super dan Berat Ringan. Hearns adalah petinju Amerika yang memegang 8 kali juara dunia. Dia dianggap sebagai salah satu petinju paling hebat sepanjang masa. Hearns menjadi petinju pertama sepanjang sejarah, yang mencatatkan diri sebagai pemegang  4 gelar, 5 gelar dan 6 gelar. Dengan tinggi 6 kaki 1 inchi, serta kelebihan jangkauan, Hearns dikenal sebagai petinju yang memiliki pukulan sangat keras. Ia mencatatkan beberapa kemenangan KO yang spektakuler di sepanjang karirnya. Ia pun dianggap sebagai seniman KO sepanjang masa dalam dunia tinju.

2. Ray Charles “Sugar Ray” Leonard

5 Besar Petinju Terbaik Sepanjang Masa

Seluruh penggemar tinju pastilah mengenal nama Sugar Ray Leonard. Ia dijuluki petinju terbaik selama satu dekade di tahun 1980-an. Sugar Ray Leonard pemegang jawara kelas Welter, Menengah Ringan, Menengah dan Berat Ringan. Prestasinya meraih semua gelar di beberapa kelas berbeda dilewati dengan menaklukan jawara-jawara tinju kelas wahid saat itu, yaitu Wilfredo Benite, Thomas Hearns, Roberto Duran dan Marvin Hagler. Untuk ia pantas menyandang gelar sebagai salah satu petinju terbaik sepanjang masa.

1. Muhammad Ali

5 Besar Petinju Terbaik Sepanjang Masa

Sangat sulit untuk tidak memasukan nama Muhammad Ali dalam daftar ini. Sampai saat ini banyak orang beranggapan bahwa Ali adalah petinju kelas berat terbaik sepanjang masa. Ali dianggap sebagai pelopor industri di dunia tinju. Dengan catatan kemenangan 56 kali (37 KO) dan 5 kali kekalahan, Ali menjadi icon penting dalam dunia tinju pada masanya. Ali meraih tiga kali juara dunia. Semasa aktif, Ali dikenal sangat atraktif baik di dalam atau luar ring. Setiap pertandingan yang dilakoninya selalu ditunggu-tunggu oleh penggemar tinju. Prestasi Ali di dunia tinju menghasilkan gelar “Sportman of the Century” pada tahun 1999.

Trimakasih sudah membaca 5 Besar Petinju Terbaik Sepanjang Masa Wassalam..!!

(berbagai sumber)

4 comments:

  1. Rocky Marciano gak di masukin mas kayanya anda perlu Aqua wkwkwkwk tidak ada pentinju yang punya streak Seperti dia Ali kalo sezaman sama dia mungkin tidak ada Nama Ali atau pun ali se zaman sama Mike tyson pasti nama Ali akan tenggelam Maaf hanya anggapan saya Sendiri saja gak usah di anggap serius wkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener joe luis aja kalah ma rocky marciano

      Hapus
    2. Bener joe luis aja kalah ma rocky marciano

      Hapus
  2. Bener tuh mas...
    Rocky balboa aja meskipun tokoh fiktif tp terinspirasi dari marciano.satu lagi catatan penting.muhammad ali aja pernah kalah 2 kali.nah marciano sekalipun ga pernah kalah selama karier profesionalnya...
    Graciaa

    BalasHapus

Cari Blog Ini

Translate