Pertanyaan Unik Beserta Jawabannya!!

Pertanyaan Unik Beserta Jawabannya!!

Mengapa kentut ada yang bunyi dan tidak, juga ada yang bau dan tidak?

Kentut berbunyi karena adanya vibrasi lubang anus pada saat kentut diproduksi. Keras tidaknya bunyi kentut, tergantung pada kecepatan gas yang keluar. Penyebab kentut memiliki bau adalah karena adanya kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan yang mengandung unsur sulfur. Makin tinggi kandungan sulfur dalam makanan yang dimakan, makin busuk pula bau kentut. Telur dan daging memiliki peran yang sangat besar dalam memproduksi bau kentut.

Apakah meminum alkohol terbukti menghangatkan badan?

Di jurnal-jurnal kesehatan Amerika, setelah melalui beberapa tes, justru pertanyaan yang diajukan adalah mitos. Secara teknis alkohol akan menurunkan temperatur tubuh. Dengan begitu, alkohol mengirimkan darah ke kulit di semua bagian tubuh. Karena itu terasa hangat. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah panas tubuh berkurang.

Apabila berada di daerah yang sangat dingin, alkohol justru dapat mengakibatkan Anda tidak mengetahui kalau bagian tubuh terkena hipotermia. Alkohol juga terbukti mengurangi kadar air dalam tubuh Anda atas kalori yang besar terkandung di dalamnya. Kurangi dosisnya atau imbangi dengan jahe, dengan itu tubuh Anda akan menjadi hangat secara alami dan sehat wal afiat walau di tempat yang dingin.

Saat saya merasa gatal, mengapa merasa enak ketika digaruk?

Versi sederhananya adalah bahwa rasa enak ketika menggaruk bagian tubuh yang gatal timbul karena rasa gatalnya dapat teratasi. Namun apabila dilihat dari sisi biologis, menggaruk akan mengaktifkan sel syaraf yang langsung berhubungan ke otak dengan memberi sinyal rasa nyaman. Rasa gatal itu sendiri merupakan reaksi kulit dari faktor luar seperti gigitan serangga, makanan (mengakibatkan alergi), atau sugesti hingga sel darah putih bekerja untuk melawan kuman penyakit dan menetralisasi seimbangnya sel darah merah dan putih sekaligus. Banyak dokter yang menyarankan agar jangan menggaruk terlalu sering ketika rasa gatal melanda Anda karena dapat mengakibatkan kulit iritasi. Parahnya, tangan yang tidak bersih saat menggaruk malah bisa meneruskan rasa gatal itu menjadi lebih perih karena terjadinya infeksi dari dalam kulit. Tapi apa mau dikata, kami rasa karena itulah ada pertanyaan seperti ini, “Mengapa rasa gatal enak digaruk”. Yang enak selalu sulit dihentikan, bukan?

Mengapa manusia butuh sendawa?

Pada dasarnya sendawa memang mengeluarkan udara yang berlebihan di dalam badan. Hal tersebut terjadi karena pergerakan usus yang berlebihan saat seharusnya bagian tubuh tersebut meremas makanan. Karena itu, biasanya sendawa terjadi ketika Anda telat makan. Kalau Anda sering telat makan, maka terjadilah penyakit mengganggu di perut yaitu maag. Kalau Anda mengendalikan udara tersebut ke atas, beruntung hanya menjadi sendawa. Tapi sebagian orang kenyataannya lebih nikmat mendorong udara tersebut ke bawah hingga menghasilkan suara dengan diikuti bau yang mengganggu kehidupan sosial Anda untuk sementara. Terserah Anda pilih mana yang paling dibutuhkan dan paling nyaman.

Siapa penemu Lampu Lalu Lintas?

Di Inggris, sejak tahun 1863 sudah ada lampu lalu lintas yang saat itu hanya berwarna merah dan hijau (berhenti dan jalan). Kami tidak pernah melacak siapa yang pertama kali membuat sistem tersebut. Saat sistem lampu tersebut familiar di mana-mana, suatu hari Garrett A. Morgan (kelahiran 1877, Kentucky, US) melihat tabrakan antara mobil dengan kereta kuda karena lampu lalu lintas yang digunakan saat itu tidak memberikan kesempatan untuk para pengguna jalan agar menurunkan kecepatan dan berhenti atau mempersiapkan kecepatan ketika lampu akan hijau dan berjalan. Akhirnya dia menambahkan lampu kuning yang berguna untuk memberi interval pengguna jalan sampai lampu merah (stop) menyala. Saat kami menghubungi Mr. Morgan lewat ponsel kuno kami, dia bilang bahwa, “Dulu saya dapat membeli apapun karena mematenkan lampu lalu lintas tersebut untuk General Electric Company seharga US$40.000.” 

Apakah buah Simalakama itu benar-benar ada?

Ada, dan buah ini adalah tanaman asli Indonesia dengan nama latin Phaleria Macrocarpa atau Phaleria Papuana. Buah yang pertama kali ditemukan di Papua ini ternyata punya banyak manfaat buat kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam buah ini diantaranya adalah alkaloid, terpenoid, saponim, flavonoid, lignan danresin yang punya khasiat sebagai anti alergi (antihistamin), antioksidan, anti kanker dan juga sintosinon (memudahkan pada saat kelahiran). Bagian tanaman yang dapat digunakan adalah daun, daging dan kulit buahnya. Buah yang belakangan ini lebih dikenal dengan nama Mahkota Dewa bentuknya sendiri bulat sebesar sawo dan berwarna hijau kemerahan. Istilah ibarat memakan buah simalakama sendiri mungkin timbul karena buah ini beracun jika dimakan langsung tanpa dikeringkan terlebih dahulu.

Apakah gas tawa itu benar–benar ada atau cuma ada di cerita–cerita fiksi?

Gas tawa itu adalah nama yang umum digunakan untuk menyebut N2O alias nitrogen oksida. Gas ini ditemukan ilmuwan Inggris Joseph Priestly pada tahun 1772. Menghirup N2O ini menghasilkan rasa bahagia yang moderat plus sedikit rasa pusing ringan. Hal ini segera jadi trend pada pesta–pesta kelas atas di Eropa pada abad ke–19. Ilmuwan Inggris lainnya Humphry Davy mengamati N2O juga bisa menghambat rasa sakit yang berarti bisa untuk dimanfaatkan dalam pembedahan sebagai anestetik. Baru mulai tahun 1840-an, N2O dipakai dalam ilmu kedokteran. Hingga saat ini N2O masih dipakai dalam dunia medis, terutama untuk kedokteran gigi. N2O sebenarnya hanya salah satu di antara banyak jenis gas lainnya yang bisa berfungsi sebagai anestetik. Gas ini menidurkan sistem saraf hingga mengurangi tingkat kesadaran dan ‘membunuh rasa sakit’. Selain itu N2O juga mengurangi kemampuan darah dalam membawa oksigen. Karena kurangnya oksigen inilah, kita merasa pusing dan ‘terbang’

Trimakasih sudah membaca Pertanyaan Unik Beserta Jawabannya!! Wassalam..!! 

(berbagai sumber)

0 comments:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Translate